Menghadapi gejolak bisnis dalam era-global dan meningkatnya “ketidakpastian” akan memerlukan suatu rencana terpadu yang bersifat strategis. Para unsur Pimpinan Perusahaan dituntut meningkatan kemampuan dalam bidang MANAJEMEN STRATEGI untuk membuat berbagai perencanaan strategis bagi kepentingan perusahaan dalam mencapai tujuan bisnisnya.

Tujuan Manajemen Strategi

  1. Melaksanakan dan mengevaluasi strategi yang dipilih secara efektif dan efisien.
  2. Mengevaluasi kinerja, meninjau dan mengkaji ulang situasi serta melakukan berbagai penyesuaian dan koreksi jika terdapat penyimpangan di dalam pelaksanaan strategi.
  3. Senantiasa memperbarui strategi yang dirumuskan agar sesuai dengan perkembangan lingkungan eksternal.
  4. Senantiasa meninjau kembali kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman bisnis yang ada.

Langkah dan Proses Manajemen Strategi diantaranya:

1.PERKEMBANGAN DAN DINAMIKA LINGKUNGAN PERUSAHAAN

a.Dinamika Lingkungan Makro.

b.Dinamika Stakeholder Perusahaan

c.Kajian Perlunya Reevaluasi dan Perumusan Kembali Visi dan Misi Perusahaan.

2.KERANGKA MANAJEMEN STRATEGI

a.Perkembangan Teori Manajemen Strategi.

b.Strategi Fungsi Bisnis dan Corporate.

c.Proses Manajemen Strategid.Sistematika penyusunan Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP)

3.ANALISIS PERUBAHAN LINGKUNGAN BISNIS, PROSES BISNIS DAN KONSEKUENSINYA

a.Proses dan Prosedur Analisis Lingkungan.

b.Evaluasi Analisis Lingkungan.

c.Manajemen Perubahan.

d.Tuntutan dunia bisnis.

e.Paradigma world -class company

f.Konsep Innovation arrow

4.MERUMUSKAN KEMBALI ARAH ATAU VISI DAN MISI PERUSAHAAN

a.Penentuan Arah Perusahaan (Strategy Architecture Design).

b.Rumusan Visi dan Misi yang efektif

c.Implikasi Visi dan misi terhadap strategi dasar korporat.

d.Strategy Intent (Optimalisasi Resources).

e.Strategic Framework.

5.FORMULASI STRATEGI

a.Formulasi Strategi Korporat.

b.General Strategy Alternatives

c.Business Portfolio.

6.ANALISIS SWOT.

a.Formulasi Strategi Bisnis.

b.Formulasi Strategi Fungsional (untuk masing-masing bidang fungsi manajemen).

7.MENJABARKAN STRATEGI KEDALAM AKTIVITAS PERUSAHAAN DENGAN MENGGUNAKAN BALANCED SCORECARDS

a.Pengertian Balanced Scorecards.

b.Mengukur strategi bisnis dari perspektif keuangan dan pelanggan.

c.Perspektif proses bisnis internal.

d.Learning and growth perspectives.

e.Menghubungkan Balanced Scorecards dengan strategi perusahaan.

f.Implementasi Balanced Scorecard

8.TEKNIK PENYUSUNAN  CORPORATE STRATEGY MAP

a.Prosedur penyusunan strategy map.

b.Implementasi Strategi

c.Praktek penyusunan strategy map

d.Pengendalian dan Evaluasi.

 

Advertisements